Jumat, 17 Mei 2019

Kriteria Ketuntasan Belajar Minimal - KKM SMP/MTs Kelas VII (tujuh) Kurikulum 2013 Mapel Bahasa Inggris  : Berikut admin sampaikan tentang Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) Satuan Pendidikan Jenjang SMP/MTs Kelas VII (tujuh) Kurikulum 2013, namun sebelum pada pokok materi tentang Aplikasi KKM, yuuukkk... kita simak bahasan tentang apa itu KKM ? 

KKM APLIKASI SMP/MTs MAPEL BAHASA INGGRIS KELAS VII KURIKULUM 2013

PENGERTIAN

Kriteria Ketuntasan Minimal atau sering disebut dengan KKM adalah kriteria ketuntasan belajar (KKB) yang ditentukan oleh satuan pendidikan ( SD, SMP, SMA )

KKM ditetapkan oleh satuan pendidikan atau sekolah pada awal tahun pelajaran dengan memperhatikan hal-hal sebagai berikut : 

1. Intake (kemampuan rata-rata peserta didik) 
2. Kompleksitas (mengidentifikasi indikator sebagai penanda tercapainya kompetensi dasar) 3. Kemampuan daya pendukung (berorientasi pada sumber belajar)

RAMBU - RAMBU  
  • KKM ditetapkan pada awal tahun pelajaran oleh satuan pendidikan berdasarkan hasil musyawarah guru mapel di satuan pendidikan
  • Ketuntasan Belajar setiap indikator yang telah ditetapkan dalam suatu kompetensi dasar berkisar antara 0 – 100%. 
  • Nilai KKM dinyatakan dalam bentuk bilangan bulat dengan rentang 0 – 100 
  • Sekolah dapat menetapkan KKM di bawah nilai ketuntasan belajar maksimal, dan berupaya secara bertahap meningkatkan untuk mencapai ketuntasan maksimal 
  • Nilai KKM harus dicantumkan dalam Laporan Hasil Belajar Peserta didik.
FUNGSI KKM 
  • Sebagai acuan bagi pendidik dalam menilai kompetensi peserta didik sesuai KD mata pelajaran yang diikuti. 
  • Sebagai acuan bagi peserta didik dalam menyiapkan diri mengikuti penilaian mata pelajaran. 
  • Dapat digunakan sebagai bagian komponen dalam melakukan evaluasi program pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah. 
  • Merupakan kontrak pedagogik antara pendidik dengan peserta didik dan satuan pendidikan dengan masyarakat. 
  • Merupakan target satuan pendidikan dalam pencapaian kompetensi tiap mata pelajaran.
PRINSIP PENETAPAN KKM :
  1. Kriteria ketuntasan minimal mata pelajaran merupakan rata-rata dari semua KKM-SK yang terdapat dalam satu semester atau satu tahun pembelajaran, dan dicantumkan dalam Laporan Hasil Belajar (LHB/Rapor) peserta didik
  2. Pada setiap indikator atau kompetensi dasar dimungkinkan adanya perbedaan nilai ketuntasan minimal.  
LANGKAH-LANGKAH PENETAPAN KKM
  1. Hasil penetapan KKM oleh guru atau kelompok guru mata pelajaran disahkan oleh kepala sekolah untuk dijadikan patokan guru dalam melakukan penilaian 
  2. KKM yang ditetapkan disosialisaikan kepada pihak-pihak yang berkepentingan, yaitu peserta didik, orang tua, dan dinas pendidikan 
  3. KKM dicantumkan dalam LHB pada saat hasil penilaian dilaporkan kepada orang tua/wali peserta didik. 
Lebih lanjut tentang Penetapan KKM pada satuan pendidikan, berikut admin sampaikan format file presentasi penjelasan detail tentang penetapan KKM pada satuan pendidikan, kalian dapat mengunduh file presentasi nya pada link unduhan berikut ini :
PENETAPAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL  (  MENUJU FILE )
Naaahh.....  sekarang kalian sudah paham bagaimana menetapkan KKM pada satuan pendidikan, hal terpenting dalam menetapkan Kriteria Ketuntasan Minimal atau KKM maka bagi peserta didik yang tidak memenui standar Kriteria Ketuntasan Minimal biasanya dilakukan remedial bagi peserta didik yang tidak mencapai standar minimal KKM.

Untuk mempermudah dan meringankan tugas bapak ibu guru dalam menyusun KKM bagi peserta didiknya, disini admin membagikan berupa Aplikasi KKM yang dapat dipergunkan sebagai patokan secara otomatis dalam penentuan KKM peserta didiknya, aplikasi KKM ini di kemas dalam format Excel sehingga mudah untuk pengoperasiannya dan dapat di edit sesuai dengan kebutuhan.

Apabila bapak dan ibu membutuhkan file Aplikasi KKM tersebut dapat di unduh pada link download yang sudah dipersiapkan di bawah ini :

APLIKASI KKM SMP/MTs. KELAS VII KURIKULUM 2013  MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS

Demikian semoga dapat memberikan manfaat bagi bapak dan ibu pendidik dalam menentukan KKM bagi peserta didiknya, dan admin mengucapkan terima kasih sudah sudi mampir di website ini. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Bawah