Senin, 08 April 2019


Petunjuk Pelaksanaan Kegiatan FLS2N Sekolah Menengah Pertama (SMP) Tahun 2019 : Dalam upaya memberikan ruang untuk mengembangkan kereativitas dalam penguatan pendidikan karakter dan potensi seni peserta didik SMP, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama, Direktoraat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, menyelenggarakan kegiatan yang mewadahi bakat dan minat seni peserta didik, yaitu Festifal dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N).
PENGERTIAN :

FLS2N – Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional adalah suatu kegiatan yang bersifat kompetisi dibidang seni antar Siswa SMP atau sederajat dalam lingkup wilayah atau tingkat lomba tertentu

TUJUAN :
  1. Memotivasi sekolah agar berperan aktif memfasilitasi siswa berbakat dan berminat pada seni budaya untuk dapat mengembangkan kemampuannya pada FLS2N.
  2. Menggali dan melestarikan seni dan budaya bangsa Indonesia yang tersebar di 34 provinsi di seluruh wilayah NKRI.
  3. Membina dan meningkatkan kepedulian peserta didik terhadap nilai-nilai seni dan budaya dalam upaya peregenerasian pecinta seni dan budaya yang berakar pada budaya bangsa.
  4. Mengembangkan sikap kompetitif, kerjasama dan sportivitas dalam diri siswa yang berwawasan grolbal dan menjalin persahabatan dalam proses melestarikan seni budaya Indonesia.

CABANG YANG DILOMBAKAN :

Cabang yang dilombakan pada FLS2N 2019 terdiri atas 5 (lima) jenis cabang seni sebagai berikut :
  1. Festifal Kreatifitas Tari      5  orang
  2. Festifal Kreativitas Musik Tradisional   5 orang
  3. Lomba Gitar Duet             2 orang
  4. Lomba Menyanyi Solo        1 orang
  5. Lomba Desain Poster        1 orang

Kegiatan FLS2N ini tidak hanya berorientasi pada kompetensi peserta didik, namun esensinya terletak pada nilai pendidikannya, yaitu menjadikan FLS2N sebagai pengalaman belajar (learning experience). FLS2N di bangun untuk menjadi ajang pembelajaran terutama dalam hal olah piker, olah hati, dan olah rasa. Selain itu FLS2N diharapkan juga dapat mengembangkan sikap dan kepribadian, seperti sikap saling menghargai, saling menghormati, solidaritas dan toleransi. 

  
Agar pelaksanaan FLS2N SMP tahun 2019 sebagaimana yang dimaksud dapat terlaksana dengan baik, maka perlu disusun buku petunjuk pelaksanaan yang dapat digunakan sebagai pegangan dan acuan bagi paniti, siswa, guru, dewan juri dan pihak terkait. Buku Petunjuk pelaksanaan ini tidak hanya berisi ketentuan lomba per cabang, namun juga memberikan informasi pentingnya FLS2N SMP 2019 diikuti oleh para siswa dalam penguatan pendidikan karakter di bidang seni budaya.

Buku Petunjuk Pelaksanaan Kegiatan FLS2N SMP tahun 2019 dapat di unduh pada link download sebagai berikut :

Juklak FLS2N SMP - 2019 - Pdf.

Juklak FLS2N SMP - 2019 - doc.

Demikian informasi ini semoga Buku Petunjuk Pelaksanaan FLS2N SMP tahun 2019 ini dapat bermanfaat bagi kita semuanya. Terimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Bawah