Senin, 26 November 2018

Literasi merupakan kualitas atau kemampuan melek huruf/aksara yang di dalamnya meliputi kemampuan membaca dan menulis. Namun lebih dari itu, makna literasi juga mencakup melek visual yang artinya "Kemampuan untuk mengenali dan memahami ide-ide yang disampaikan secara visual (adegan, video, gambar)."

 PANDUAN PEMBELAJARAN LITERASI SAINS - PENDIDIKAN KITA
 PANDUAN PEMBELAJARAN LITERASI SAINS - PENDIDIKAN KITA
Pengertian Literasi Sains

Literasi sains dapat diartikan sebagai pengetahuan dan kecakapan ilmiah untuk mampu mengidentifikasi pertanyaan, memperoleh pengetahuan baru, menjelaskan fenomena ilmiah, serta mengambil simpulan berdasar fakta, memahami karakteristik sains, kesadaran bagaimana sains dan teknologi membentuk lingkungan alam, intelektual, dan budaya, serta kemauan untuk terlibat dan peduli terhadap isu-isu yang terkait sains (OECD, 2016). National Research

Council (2012) menyatakan bahwa rangkaian kompetensi ilmiah yang dibutuhkan pada literasi sains mencerminkan pandangan bahwa sains adalah ansambel dari praktik sosial dan epistemik yang umum pada semua ilmu pengetahuan, yang membingkai semua kompetensi sebagai tindakan.

Literasi sains adalah kemampuan menggunakan pengetahuan sains untuk mengidentifikasi permasalahan dan menarik kesimpulan berdasarkan bukti-bukti dalam rangka memahami serta membuat keputusan tentang alam dan perubahan yang dilakukan terhadap alam melalui aktivitas manusia (PISA, 2000)

Literasi sains adalah pengetahuan dan pemahaman tentang konsep-konsep ilmiah dan proses yang diperlukan untuk pengambilan keputusan pribadi, partisipasi dalam urusan sipil dan budaya, dan produktivitas ekonomi. Ini juga termasuk tipe tertentu dari kemampuan.

Standar Pendidikan Sains Nasional, mendefinisikan literasi sains berarti bahwa seseorang dapat meminta, mencari, atau menentukan jawaban pertanyaan yang berasal dari rasa ingin tahu tentang pengalaman sehari-hari.

Pengertian ini mengidentifikasikan bahwa seseorang yang memiliki kemampuan dalam menggambarkan, memprediksi, dan menjelaskan tentang fenomena alam memelukan literasi sains. literasi sains diharapkan mampu membaca serta memahami artikel tentang ilmu pengetahuan dalam pers populer dan hal itu akan mendorong peserta didik untuk terlibat dalam percakapan sosial tentang keabsahan kesimpulan.

Literasi sains mengisyaratkan bahwa seseorang dapat mengidentifikasi isu-isu ilmiah yang mendasari keputusan nasional dan lokal dan posisi express yang ilmiah dan teknologi informasi. Seorang warga melek harus dapat mengevaluasi kualitas informasi ilmiah atas dasar sumber dan metode yang digunakan untuk menghasilkan itu. literasi sains juga menyiratkan kapasitas untuk berpose dan mengevaluasi argumen berdasarkan bukti dan menerapkan kesimpulan dari argumen tersebut tepat.

Demikianlah pengertian literasi sains yang diungkapkan oleh para ahli, semoga pengertian ini mampu memberikan gambaran sekaligus ulasan kepada setiap pembaca yang sedang mencai referensi apa sih literasi sains?. 

Pengertian Literasi Menurut Para Ahli

Sedangkan pengertian para ahli mengenai arti literasi antara lain sebagai berikut;

Goody (1999)

Menurutnya, pengertian literasi dalam arti sempit adalah kemampuan untuk membaca dan menulis yang dilakukan seseorang dalam menggambar fenomana sosial secara ilmiah. Bisa dalam fungsinya dengan mencantumkan sumber pusata yang relefan dalam sebuah penelitian. Selengkapnya, baca; Pengertian Penelitian, Kegunaan, Syarat, Cara Berfikir, dan Sikapnya Menurut Ahli

Alberta (2009)

Menurutnya, arti literasi bukan hanya sekedar kemampuan untuk membaca dan menulis namun menambah pengetahuan, keterampilan dan kemampuan yang dapat membuat seseorang memiliki kemampuan berpikir kritis, mampu memecahkan masalah dalam berbagai konteks, mampu berkomunikasi secara efektif dan mampu mengembangkan potensi dan berpartisipasi aktif dalam kehidupan bermasyarakat).

Kern (2000)

Menurut Kern, Pada dasarnya terdapat tujuh prinsip pendidikan yang dipergunakan para ilmuan untuk memperjelas literasi. Prinsip ini sendiri antara lain: literasi melibatkan interpretasi, kolaborasi, konvensi,pengetahuan kultural, pemecahan masalah, releksi dan refleksi diri, serta penggunaan bahasa.

Cordon (2003)

Mengungkapkan, definisi literasi adalah sumber ilmu pengetahuan yang menyenangkan yang mampu membangun imajinasi ilmuan lainnya untuk menjelajah dunia dan ilmu pengetahuan secara luas berdasarkan pada refrensi yang memberi arti.

Wells (1987)

Berpendapat bahwa pengertian literasi adalah umenyatakan terdapat empat tingkatan dalam literasi yaitu: literasi performatif (literacy performative), literasi fungsional (literacy functional). Literasi informasi (Literacy informational) dan literasi epistemik (literacy epictemic).

Jeanne R et al (2007)

Menurutnya, bahwa ada tiga tahapan yang dapat diamati dalam perkembangan literasi seseorang. Perkembangan ini muncul karena faktor motivasi instrinsik peserta didik yaitu: memilih membaca dan menulis, menemukan kesenangan dalam melakukan kegiatan yang berkaitan dengan literasi, sadar menerapkan pengetahuan untuk lebih dalam memahami dan menulis teks.

Irene dan Gay (2001)

Mengatakan bahwa nilai-nilai literasi yang berkualitas tergambar dari ketika siswa berhasil menerapkan apa yang telah mereka pelajari dan dituangkan kedalam tulisan mereka sendiri. Siswa secara langsung dalam mengenal dunia pendidikan sudah memahami istilah ini.

Prinsip Dasar Literasi Sains
  1. Kontekstual, sesuai dengan kearifan lokal dan perkembanganzaman;
  2. Pemenuhan kebutuhan sosial, budaya, dan kenegaraan;
  3. Sesuai dengan standar mutu pembelajaran yang sudah selarasdengan pembelajaran abad XXI;
  4. Holistik dan terintegrasi dengan beragam literasi lainnya; dan
  5. Kolaboratif dan partisipatif.

Jenis-Jenis Literasi
Adapun dilihat dalam bentuknya, jenis serta macam literasi ini sendiri antara lain adalah sebagai berikut;

Literasi Dasar

Jenis pertama adalah literasi dasar yang bisa diartikan sebagai bentuk literasi masyarakat serta masyarakat umum dengan di dapatkannya dari proses belajar memabaca, menulis, serta menghitung jumlah rumus tertentu untuk menyelesaikan masalah-masalah.

Literasi Perpusataan

Macam kedua adalah literasi perpusatakaan yang bisa dilakukan secara mendalam dalam sebuah artikel ilmiah untuk memperjelas serta menemukan teori-teori yang mendukung. Litarsi ini tinggatannya lebih tinggi dibandingkan dengan tindakan literasi dasar. Selengkapnya, baca; 7 [Pengertian] Perpustakaan Menurut Para Ahli dan Fungsinya

Literasi Sains

Jenis kedua adalah bentuk literasi sains. Pengertian literasi sains adalah suatu penggambaran literasi  dalam masyarakat dengan diperoleh dari bentuk-bentuk ilmu sains, dengan mengunakan pendekatan serta kajian dalam pendidikan.
Berikut kami sampaikan materi-materi pokok pembelajaran Literasi Sains yang dapat di unduh dengan klik pada tautan link download di bawah ini :
DOWNLOAD :
Materi Pendukung Literasi SAINS - Gerakan Literasi Nasional - Pdf.
Analisis Penyajian Panduan Pembelajaran Literasi Sains.
Analisis Buku Ajar Berdasarkan Literasi Sains
Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Literasi Sains.
Demikian yang dapat kami sampaikan tentang Literasi Sains, semoga bermanfaat untuk kita semuanya. Terimakasih atas kunjungannya di website ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Bawah