Rabu, 03 Oktober 2018

Petunjuk Teknis Bantuan Sarana Pembelajaran/Alat Permainan Edukatif Pendidikan Anak Usia Dini Tahun 2018 : Dalam upaya mendukung satuan PAUD dan satuan PNF yang menyelenggarakan program PAUD dalam penyediaan Sarana Pembelajaran/APE PAUD serta memberikan motivasi satuan PAUD dan program PAUD pada satuan PNF untuk menjadi PAUD rujukan sehingga dapat meningkatkan mutu layanan PAUD. 

PETUNJUK TEKNIS BANTUAN SARANA PEMBELAJARAN/ALAT PERMAINAN EDUKATIF PENDIDIKAN ANAK USIA DINI TAHUN 2018
PETUNJUK TEKNIS
BANTUAN SARANA PEMBELAJARAN/ALAT PERMAINAN EDUKATIF
PENDIDIKAN ANAK USIA DINI TAHUN 2018
Pemerintah melalui Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah mengeluarkan peraturan nomor 09 tahun 2018. Peraturan tersebut mengatur tentang Petunjuk Teknis Bantuan Sarana Pembelajaran/Alat Permainan Edukatif Pendidikan Anak Usia Dini Tahun 2018

Berbagai hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan anak usia dini (PAUD) merupakan pendidikan yang paling mendasar, dan PAUD yang berkualitas akan sangat berkontribusi terhadap kualitas pendidikan pada jenjang selanjutnya. Hal ini sejalan dengan rencana pembangunan jangka menengah nasional (RPJMN) 2015-2019 yang menyatakan bahwa peningkatan akses dan kualitas PAUD secara holistik dan integratif merupakan pondasi terwujudnya pendidikan dasar 12 tahun yang berkualitas.

Pengertian :

Sarana Pembelajaran PAUD adalah seperangkat bahan dan media belajar untuk mendukung kegiatan belajar melalui bermain, sehingga menjadi lebih efektif dalam rangka mengoptimalkan perkembangan anak. Bantuan Sarana Pembelajaran/Alat Permainan Edukatif Pendidikan Anak Usia Dini selanjutnya disebut Bantuan Sarana Pembelajaran/APE PAUD yang dimaksudkan dalam juknis ini adalah bantuan pemerintah yang diberikan kepada satuan PAUD dan satuan Pendidikan Nonformal (satuan PNF) yang menyelenggarakan program PAUD berupa Alat Permainan Edukatif (APE) baik indoor maupun outdoor yang mendukung pembelajaran PAUD. 

Tujuan Penggunaan Bantuan
  1. Mendukung satuan PAUD dan satuan PNF yang menyelenggarakan program PAUD dalam penyediaan Sarana Pembelajaran/APE PAUD.
  2. Memberikan motivasi satuan PAUD dan program PAUD pada satuan PNF untuk menjadi PAUD rujukan. 
  3. Meningkatkan mutu layanan PAUD.
Sasaran Penerima Bantuan
  1. Satuan PAUD yang terdiri atas Taman Kanak-kanak, Kelompok Bermain, Taman Penitipan Anak, dan Satuan PAUD Sejenis, seperti: POS PAUD, PAUD-BIA, PAUD-PAK, PAUD-TPQ, TAAM, BAMBIM, TAPAS, dan sejenisnya;
  2. Satuan pendidikan nonformal berbentuk Pusat kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM), Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) dan satuan pendidikan nonformal lainnya yang menyelenggarakan program PAUD. Satuan PAUD dan Program PAUD pada Satuan Pendidikan Nonformal ini berpotensi sebagai PAUD Rujukan/Pembina/Percontohan di wilayahnya.
Pelaksanaan Bantuan Sarana Pembelajaran/APE PAUD dimaksudkan untuk membantu lembaga/satuan PAUD menyediakan sarana pembelajaran yang sesuai standart untuk meningkatkan mutu layanannya. Hal ini sesuai apa yang dinyatakan dalam Permendikbud No. 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional PAUD, bahwa sarana prasarana merupakan perlengkapan dalam penyelenggaraan dan pengelolaan kegiatan pendidikan, pengasuhan, dan perlindungan anak usia dini.

Selanjutnya untuk mewujudkan pengelolaan, pertanggungjawaban dan pelaporan, serta akuntabilitas pelaksanaan bantuan sarana pembelajaran/APE PAUD, agar tepat sasaran dan tepat waktu serta sesuai ketentuan yang berlaku, maka diterbitkan Petunjuk Teknis Pelaksanaan Bantuan Sarana Pembelajaran/APE PAUD Tahun 2018.

Tujuan Petunjuk Teknis
  1. Sebagai acuan bagi Direktorat Pembinaan PAUD dalam menetapkan dan menyalurkan Bantuan;
  2. Sebagai acuan bagi Unit Pelaksana Teknis (UPT) PAUD dan Dikmas dalam memberikan rekomendasi kepada lembaga/organisasi yang akan mengajukan Bantuan;
  3. Sebagai acuan bagi dinas pendidikan Kabupaten/Kota dalam memberikan rekomendasi bagi lembaga yang akan mengajukan bantuan ;
  4. Sebagai acuan bagi lembaga PAUD yang akan mengajukan Bantuan.
Lebih detail tentang Juknis Pelaksanaan Bantuan Sarana Pembelajaran/APE PAUD tahun 2018 silahkan di lihat pada tayangan berikut :

PETUNJUK TEKNIS BANTUAN SARANA PEMBELAJARAN/ALAT PERMAINAN EDUKATIF PENDIDIKAN ANAK USIA DINI TAHUN 2018


DOWNLOAD JUKNISNYA :    ( KLIK DISINI )

Formulir usulan bantuan dapat di download dibawah ini :

1. DOWNLOAD - Cover Pengajuan Usulan Bantuan
2. DOWNLOAD - Surat Permohonan Bantuan Sarana Pembelajaran/APE PAUD 2018
3. DOWNLOAD - Surat Permohonan Rekomendasi
4. DOWNLOAD - Surat REkomendasi
5. DOWNLOAD - Contoh Formulir Pengajuan Bantuan 1
6. DOWNLOAD - Contoh Formulir Pengajuan Bantuan 2
6. DOWNLOAD - Surat Pernyataan Tanggungjawab Mutlak (SPTJM)
7. DOWNLOAD - Pakta Integritas

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Bawah